investasi Untuk Masa Depan Yang Gemilang #AksiSehatCeria Bersama Doktersehat



Kesehatan tubuh sangatlah penting untuk dijaga, kesehatan juga merupakan faktor utama agar kita dapat melakukan rutinitas hidup sehari-hari, banyak dari masyarakat kita telah menyadari betapa pentingnya kesehatan untuk dijaga namun berapa banyak kah dari kita yang telah menjaga pola makan dan melakukan olahraga secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuh?

Apakah kita harus menunggu penyakit datang barulah kita dapat sadar akan kesehatan? saat malam nafas kita terasa berat dan sesak, saat tidak memiliki selera makan, saat hendak berdiri kepala terasa berkunang-kunang saat semuanya datang barulah kita akan menyadari betapa pentingnya kesehatan untuk dijaga. Berbagai kebiasaan buruk yang sering kita lakukan tanpa sadar akan memasuki alam bawah sadar dan menjadi kebiasaan yang akan terus-menerus dilakukan berulang-ulang. Seringkali meskipun seseorang telah sadar resiko kebiasaan buruk yang dilakukan akan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit seperti serangan jantung, diabetes, kanker, kolestrol dan stroke, namun kebiasaan buruk tersebut akan tetap dilakukan tanpa memikirkan bagaimana menjaga kondisi tubuh agar tetap prima untuk melakukan rutinitas sehari-hari.

Untuk menjaga kondisi kesehatan badan tidak perlu khawatir untuk melakukan hal-hal yang berat dan memberikan tekanan kepada kita. Banyak hal mudah yang dapat kita lakukan untuk menjaga kondisi tubuh kita diantaranya adalah


Olahraga ringan secara teratur

Meskipun melakukan gerakan sekecil apapun akan memiliki manfaat untuk tubuh, dengan bergerak atau olahraga ringan akan membuat pori-pori didalam tubuh terbuka sehingga dapat mengeluarkan cairan keringat. Cairan keringat yang dikeluarkan tubuh akan membantu tubuh mengeluarkan zat atau kuman yang tidak bersahabat dengan tubuh kita. 

Lakukanlah olahraga ringan minimal 3 kali dalam seminggu, untuk anda yang bekerja dan tidak memiliki banyak waktu luang untuk melakukan olahraga jogging, senam maupun bersepeda anda dapat melakukan olahraga ringan yang berhubungan dengan rumah agar dapat membakar kalori kita seperti menyapu, mengepel rumah, membersihkan rumah juga setidaknya akan membantu tubuh anda mengeluarkan cairan keringat. Jika dipekerjaan yang menuntut anda untuk duduk lebih lama berusahalah untuk melakukan gerakan kecil seperti berdiri, berjalan-jalan dikantor dan lain-lainnya.


Bahagiakan pikiran anda

Banyak penyakit yang dapat timbul akibat pikiran yang tidak bahagia, stress, pemikiran yang negatif juga dapat memicu berbagai macam penyakit yang mematikan jadi kita harus berhati-hati dan tetap menjaga agar pikiran agar tetap bahagia. Namun jika mental anda mulai tertekan ataupun stress selama lebih dari satu minggu, pergilah untuk berjalan-jalan menikmati pemandangan alam yang hijau, pantai yang biru maupun berbagai tempat wisata. Pemikiran yang bahagia akan selalu mendekatkan hal-hal yang positif untuk kehidupan seseorang.


Pola Makan Sehat

Jika anda masih berada dibawah umur 30 tahun jangan pernah berpikir kita tidak perlu menjaga pola makan kita ketika masih muda, penyakit yang menyerang tubuh tidak melihat usia anda yang masih muda. Berbagai survei telah dilakukan rata-rata masyarakat Indonesia yang berumur dibawah umur 30 tahun rentan terjangkit penyakit ganas seperti kanker, serangan jantung, leukimia dan penyakit ganas lainnya. Ubah pola makan anda dengan mengurangi makanan junk food, fast food dan makanan instan olahan, minuman instan dengan perbanyak konsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan.


Mendonorkan Darah secara berkala

Donor darah merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap saudara kita yang membutuhkan darah. Selain membantu saudara kita sebagai pedonor juga mendapatkan berbagai manfaat kesehatan untuk tubuh kita. Jangan khawatir tubuh kita akan lemas, menjadi lemah dan kekurangan darah karena setelah mendonorkan darah tubuh akan secara otomatis memproduksi darah baru untuk mengganti volume darah yang berkurang. Sel-sel darah yang baru dihasilkan oleh tubuh akan lebih berefektif dan produktif dalam menjaga kesehatan tubuh dan jantung.

Seperti yang tertulis dalam website Doktersehat telah dijelaskan beberapa manfaat donor darah bagi masyarakat. Tentunya untuk mendapatkan manfaat donor darah, kita juga harus menjaga kesehatan tubuh terlebih dahulu dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan zat besi yang tinggi, waktu tidur yang cukup, perbanyak meminum air agar tubuh mendapatkan asupan air yang baik, hindarilah mengonsumsi obat-obatan sebelum mendonorkan darah.

Nah itulah beberapa tips yang dapat dilakukan sehari-hari untuk menjaga kesehatan tubuh, dengan menjaga kesehatan tubuh berarti kita juga turut menjaga kondisi ekonomi keuangan kita. Jika anda ingin berkonsultasi dan mendapatkan berbagai informasi menarik seputar kesehatan, anda dapat langsung mengunjungi website resmi Doktersehat.


Previous Post Next Post