5 Material Bahan Yang Ramah Lingkungan Untuk Konstruksi Pembangunan Rumah

Jasa Arsitek Medan

Jika kamu ingin membuat rumah dari bahan yang ramah lingkungan, maka kamu dapat memilih material bahan seperti kayu, batu, bambu, dan lain sebagainya. Pemilihan material sangat penting untuk membangun rumah yang ramah lingkungan. Jika kamu tidak tidak punya waktu untuk memikirkannya, maka kamu dapat menggunakan Jasa Kontraktor Medan atau Jasa Arsitek Medan, yang akan memilihkan material bahan bangunan yang cocok. Berikut beberapa material bahan bangunan rumah yang ramah lingkungan :

1.      Bambu

Bahan yang pertama untuk rumah yang ramah lingkungan yaitu bambu. Walaupun zaman sudah modern tapi masih banyak orang yang menggunakan bambu sebagai bahan bangunan. Bambu memiliki tekstur yang lentur sehingga dapat digunakan untuk membuat ide-ide yang kreatif. Selain itu dengan bobotnya yang ringan dan kokoh membuatnya menjadi salah satu material bangunan tahan gempa.

2.      Hempcere

Beton ternyata juga dapat dibuat dari bahan-bahan yang ramah lingkungan. Salah satunya yaitu serat tanaman yang dikenal dengan sebutan hempcrete. Caranya adalah dengan mencapurkan serat hempcrete ini dengan kapur dan di olah sehingga menghasilkan beton dengan bobot yang ringan. Walaupun ringan namun beton ini dapat menahan beban yang berat.

3.      Material Jamur Mycelum

Material bangunan rumah yang selanjutnya yaitu jamur bernama Mucelum. Mungkin banyak orang yang merasa asing dengan bahan yang satu ini. Pertama jamur ini akan di panen dan dikeringkan lalu dibentuk menjadi sebuah batu bata yang kuat dan kokoh.

4.      Kayu

Pasti sebagian besar orang sudah mengetahui jika kayu merupakan bahan material bangunan yang ramah lingkungan. Kita dapat membeli kayu atau mengolah sendiri dengan berbagai peralatan yang akan menghasilkan material untuk bahan bangunan. Kayu tidak hanya dikenal ramah lingkungan tapi juga akan menciptakan suasana yang dingin dan juga sejuk

Baca Juga : 5 Desain Rumah Modern dan Klasik Tahun 2022

5.      Tanah Yang di Padatkan

Material bangunan ini sudah digunakan oleh orang-orang tempo dahulu untuk membangun rumah. Biasanya material bangunan ini digunakan untuk dinding dan juga lantai. Kita dapat membuat sebuah dinding yang kokoh dan kuat seperti beton hanya dari tanah. Selain itu bangunan yang dihasilkan akan menjadi tahan panas dan juga sejuk.

Itulah beberapa material bahan bangunan rumah yang ramah lingkungan. Kamu bisa menggunakan salah satu atau beberapa material bahan bangunan tersebut. Selain ramah lingkungan bahan-bahan tersebut juga akan menciptakan suasana yang sejuk dan tahan panas sehingga kita juga akan merasa nyaman saat menghuni rumah tersebut.

Previous Post Next Post