5 Prinsip Dasar Bangunan Tahan Gempa

Jasa Arsitek Medan
Jasa Arsitek Medan

Membangun konstruksi bangunan yang tahan gempa memang tidak lah mudah. Kita benar-benar harus menyiapkan secara detail dan terperinci mulai dari konsep hingga material yang akan digunakan. Jika salah sedikit saja maka bisa jadi hasil bangunan tidak seperti yang diharapkan. Apalagi kita juga harus mempertimbangkan nilai estetikanya di samping fungsinya.

Jika kamu ingin membangun bangunan yang tahan gempa, namun tidak mengetahui prinsip dasarnya maka kamu bisa menggunakan Jasa Arsitek Medan atau Jasa Kontraktor Medan untuk membantumu. Berikut beberapa prinsip dasar untuk membangun konstruksi bangunan tahan gempa :

1.      Berat Bangunan Ringan

Untuk membangun konstruksi bangunan yang tahan gempa maka bahan yang digunakan harus memiliki beban yang ringan khususnya atap. Bahan yang dapat digunakan seperti baja ringan, bata ringan, galvalum untuk atap, dan beton bertulang. Bahan tersebut sangat cocok untuk digunakan untuk membangun konstruksi bangunan yang tahan gempa.

2.      Struktur Sederhana

Bangunan yang memiliki struktur kompleks tidak sempurna untuk menahan beban, justru struktur yang sederhana, simetris, dan kompatibel diklaim lebih dapat menahan beban yang besar. Hal ini menjadi tantangan dalam membangun konstruksi tahan gempa sebab kita juga harus memikirkan estetikanya serta fungsinya yang tahan gempa.

3.      Tinggi Bangunan

Tinggi bangunan yang sering digunakan adalah tidak melebihi empat kali lebar bangunan itu sendiri. Denah yang diusung kan juga harus sederhana misalnya berbentuk segi empat atau lingkaran.

4.      Menggunakan Struktur Beton Bertulang

Struktur beton bertulang meupakan material yang sering digunakan untuk menciptakan bangunan yang tahan gempa. Selain itu bahan ini juga memiliki harga yang murah di bandingkan dengan struktur komposit dan baja.

5.      Fondasi Bangunan

Fondasi merupakan struktur bangunan paling bawah yang sangat penting untuk diperhitungkan. Fondasi dapat dibuat dalam tanah yang keras dan stabil serta dengan minimal kedalaman 60-75 cm.

Itulah beberapa prinsip dasar untuk membangun konstruksi bangunan yang tahan gempa. Jika kita tinggal di wilayah yang rawan gempa maka kita harus mempertimbangkan prinsip dasar di atas untuk membangun sebuah rumah atau bangunan yang lainnya agar lebih tahan gempa. Setidaknya dengan menerapkan prinsip dasar di atas kerusakan yang akan ditimbulkan oleh gempa tidak terlalu besar dan serius.

Jasa Arsitek Medan

Apabila kamu sedang mencari Jasa Arsitek Medan terbaik di kota Medan tentu saja harus mempercayakan kepada Kactus id yang telah berpengalaman lebih dari 5 tahun dalam pengerjaan renovasi rumah, pembangunan komplek hingga pengerjaan kontraktor lainnya yang berlokasi di jl. yos sudarso no 191 M, ataupun dapat menghubungi mereka di 081375209818 , 085275399966

Previous Post Next Post